18 Feb 2011

5 Teluk terindah di dunia

Photobucket
Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya (wikipedia). Bay of Bengal / teluk Bengal di India merupakan teluk yang terbesar di dunia. Beberapa teluk yang tidak kalah indahnya dapat dilihat dibawah ini.
Teluk Ha Long – Vietnam
Photobucket
Teluk yang satu ini merupakan situs warisan UNESCO dan salah satu kandidat dari 7 keajaiban dunia. Malah sempat menduduki urutan ketiga. Terletak di Quang Ninh, Vietnam, teluk ini memiliki ribuan batu kapur/gamping dan pulau pulau kecil dengan berbagai bentuk dan ukuran. Panjang keseluruhannya sekitar 120 kilometer sepanjang garis pantai dan sekitar 1553 kilometer persegi luasnya. Terdapat sekitar 1969 gugusan pulau kecil dan beberapa pulau memiliki goa-goa yang menakjubkan. Hang Dau Go adalah goa terbesar di sana.
Teluk Fundy – Kanada
Photobucket
Teluk ini terletak diantara New Brunswick dan Nova Scotia. Teluk in terkenal karena gelombang airnya yang tinggi. Banyak biota laut yang masuk dan keluar lewat pasang naik dan turun air disini. Di teluk ii juga terdapat beberapa pulau dan yang terbesar adalah Grand Manan yang berbatasan dengan teluk Maine. Para turis dan pengunjung sering bermain kayak di teluk ini.http://qillknows.wordpress.com/
Teluk Phang Nga – Thailand
Photobucket
Terletak di Laut Andaman, diantara pulau Phuket dan Thailand Selatan, Teluk Phang Nga terdiri dari jurang batu-batu kapur dengan goa dan beberapa situs arkeologi juga ada di sini. Teluk ini mempunyai 42 pulau dan setidaknya 28 spesies tumbuhan bakau. Terdapat pula hamparan indah rumput laut dan bebatua karang . Untuk hewan, terdapat 82 spesies ikan, 18 spesies reptil, 3 spesies amfibi dan 17 spesies mamalia.
Salah satu tempat favorit di aTeluk Phang Nga adalah Ko Tapu, atau nama populernya Pulau James Bond. Tercatat 2 film James Bond pernah memanfaatkan pulau ini (The Man with the Golden Gun dan Tomorrow Never Dies).
Teluk King Haakon – Georgia Selatan dan Pulau Sandwich Selatan
Photobucket
Teluk King Haakon adalah sebuah teluk kecil di selatan pantai Inggris, Georgia Selatan. Panjangnya kira-kira 13 km dan 4 km lebarnya. Namanya diambil dari nama Raja Haakon VII dari Norwegia. Teluk ini juga merupakan kandidat dari 7 keajaiban dunia.http://qillknows.wordpress.com/
Teluk Manila – Filipina
Photobucket
Teluk yang satu ini terkenal karena memiliki pemandangan yang menakjubkan dikala matahari terbenam. Teluk ini pada dasarnya merupakan pelabuhan tambahan yang juga membenatu Pelabuhan Manila. Teluk ini juga punya sejarahnya. Dikabarkan di teluk inilah pertempuran teluk Manila (atau yang kita kenal dengan The Battle of Manila bay) pada tahun 1898 terjadi. Dan kemudian pada tahun 1942, Pasukan Jepang menginvasi tempat ini.

0 komentar em “5 Teluk terindah di dunia”

Posting Komentar

 

info unik Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger