7 Jun 2011

Kandidat Pengganti Scholes di Manchester United

Setelah melalui karir gemilang bersama Manchester United, gelandang eksplosif Paul Scholes akhirnya menyatakan pensiun dari lapangan hijau.
Dan kini Manchester United dihadapkan pada perjuangan yang tak mudah untuk menemukan pengganti pemain berjuluk The Ginger Ninja itu di lini tengah mereka.
Manajer Sir Alex Ferguson selama ini selalu berpaling kepada Scholes jika ia membutuhkan darah segar pada permainan timnya, dan mereka yang akan menggantikan posisinya haruslah memiliki kemampuan, bahkan temperamen yang hampir setara.
Beberapa nama sudah mencuat di bursa transfer untuk mengisi pos yang ditinggalkan alumnus Class of 92 itu. Dan berikut ini adalah beberapa pemain yang disebut sebagai kandidat pengganti Scholesy musim depan:
Wesley Sneijder
Klub: Inter Milan
Usia: 26 tahun
Sebagai seorang gelandang penuh talenta dan segudang pengalaman di tingkat Eropa dan internasional, Sneijder diyakini tak butuh banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan gaya main Setan Merah. Ia adalah salah satu playmaker terbaik dunia saat ini - hal yang ia buktikan ketika membawa Nerazzurri meraih treble musim lalu.
Kemampuan passing yang ia miliki merupakan atribut kunci, dan dalam urusan tendangan jarak jauh ia setara dengan Scholes. Pemain timnas Belanda ini juga jago dalam eksekusi bola mati. Namun ia bakal amat sulit digaet dari klubnya karena Inter tentu tak ingin melepas aset berharganya. Butuh tawaran besar dari United - diperkirakan sekitar 35 juta pound untuk menggoda Inter membuka proses negosiasi, tapi dengan Sneijder yang berada di usia emasnya saat ini, ia tentu akan menjadi pemain yang layak dihargai sebesar itu.
Luka Modric
Klub: - Tottenham
Usia: 25 tahun
Tottenham pun tentu tak ingin kehilangan pemain bintangnya untuk rival mereka di Liga Premier, tapi Modric tak diragukan lagi, punya kualitas untuk memperbaiki lini tengah United. Ia sudah bermain lebih dari 100 kali penampilan sejak mendarat di White Hart Lane tahun 2008 silam, dan ia mampu membuka pertahanan lawan dengan dribble dan umpan-umpannya. Visi dan gaya passing gelandang Kroasia ini terbukti sudah memberi sukses bagi The LilyWhites.
Modric memang sempat memiliki sedikit kendala fisik, namun kegigihannya untuk merebut kembali penguasaan bola dan bermain di segala posisi telah menjadikannya favorit fans. Torehan golnya memang tak sebagus Scholes, dan ia lebih cenderung bermain maju menyerang ketimbang mendikte permainan ala Scholes, namun ia tetap bisa menjadi opsi yang bagus untuk United.
Javier Pastore
Klub: Palermo
Usia: 21 tahun
Pemain asal Argentina ini tak terlalu banyak disorot ketika datang di Italia di tahun 2009, namun ia sudah membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik di posisinya. Ferguson sendiri tak menyembunyikan kekagumannya pada Pastore, bahkan ia mengungkapkan kalau mereka pernah mencoba mendatangkannya ke Old Trafford di tahun 2009, namun gagal.
Di usia masih 21 tahun, Pastore memang masih perlu banyak belajar, namun ia sudah menunjukkan skill luar biasa dalam peran sebagai playmaker. Visi dan penguasaan bola yang elegan sulit ditandingi, namun banyak yang meragukan kemampuan defensifnya. Selain itu ia memiliki pengalaman internasional yang relatif pendek dan itu bisa menjadi kerugian untuk Pastore. Dan seperti Modric, ia cenderung berlari menghadapi lini pertahanan lawan ketimbang mendistribusikan bola dengan akurasi tinggi macam Scholes, dan itu bisa menjadi pertimbangan besar bagi Ferguson.

Marek Hamsik
Klub: Napoli
Usia: 23 tahun
Seperti Pastore, Hamsik sudah memberikan pengaruh besar pada sepak bola Italia belakangan ini dan ia adalah salah satu figur kunci dari sukses Partenopei mencapai Liga Champions musim ini. Memiliki kekuatan besar dalam mengatur irama permainan di lini tengah, gelandang asal Slovakia ini juga sudah membuktikan ketajamannya menjebol gawang lawan. Meski memiliki kekurangan dalam porsi defensif, ia mampu menutupinya dengan visi luar biasa kala menyerang.
Performa mengecewakan dan kegagalannya bersama timnas Slovakia di Piala Dunia 2010 mungkin sedikit menurunkan harganya. Namun dipercaya, masih dibutuhkan dana sekitar 25 juta pound untuk memancingnya keluar dari San Paolo, meski kecil kemungkinan untuk itu mengingat keberhasilan yang sudah diraih Napoli musim ini.
Promosi Dari Tubuh Klub
Setelah menyaksikan timnya 'dipermainkan' Barcelona di final Liga Champions, Ferguson dipercaya tak akan bersusah payah mengeluarkan dana besar demi memperkuat lini tengah mereka musim panas ini. Memang United kehilangan kreativitas di lini vital tersebut, namun Fergie masih memiliki opsi Anderson (23), Michael Carrick (29), dan Darron Gibson (23) untuk mengisi kekosongan itu.
Satu nama yang mungkin jadi pertimbangan besar Fergie adalah Tom Cleverley (21). Ia selama ini diapresiasi amat tinggi di Old Trafford dan sudah tampil reguler untuk klub di laga pra-musim dalam dua tahun terakhir. Kembalinya Cleverley dari masa peminjaman di Wigan bisa menjadi opsi untuk lini tengah United, meski kemungkinan Ferguson tak akan langsung mempercayakan posisi vital di lini tengah padanya.
Melihat opsi itu mungkin klub akan memilih untuk membelanjakan uang mereka demi memboyong kiper baru - kemungkinan besar David De Gea dari Atletico Madrid, untuk menutupi celah defensif mereka.

0 komentar em “Kandidat Pengganti Scholes di Manchester United”

Posting Komentar

 

info unik Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger